Trimitra Sejahtera Mobilindo

Jl. Raya pasar minggu No. 35, Jakarta Selatan 12760

Menu

5 Tips Memilih Mobil Murah di Indonesia Terbaru 2018 – mobilmurah.web.id

Tuesday, December 19th 2017.

Beli mobil baru butuh banyak pertimbangan, salah satunya adalah pertimbangan model sesuai dengan kebutuhan mobilitas. Rute perjalanan sehari-hari, kapasitas penumpang, tipe mobil, dan style adalah beberapa contoh aspek yang terkait dengan itu. Soal kebutuhan sebenarnya sudah tidak perlu lagi dipusingkan karena berbagai tipe mobil sudah bisa kita beli di Indonesia. Terlepas dari banyaknya pilihan tipe dan merek yang ada di pasaran, terkadang persoalan budget menjadi tantangan tersendiri yang sulit untuk diputuskan. Terlebih lagi bagi kalian pasangan muda yang ingin segera punya mobil, biasanya alokasi budget harus diperketat sehemat mungkin. Nah, dalam rangka membantu anda mencari mobil murah 2018 kami akan memberikan tips-tips agar tidak bingung ketika mengunjungi showroom, karena semua mobil-mobil barunya tampak menggoda. Apalagi jika dari awal anda sudah cocok dengan merek Suzuki yang reputasinya tidak diragukan lagi di tanah air, ada banyak sekali model yang bisa dipilih sesuai dengan prioritas kebutuhan.

Berikut 5 Tips Memilih Mobil Murah di Indonesia Terbaru 2018 :

1. Alangkah Baiknya, Pahami Dulu Tipe-Tipe Mobil Sesuai dengan Kebutuhan

Kebutuhan mobil di Indonesia cenderung untuk orientasi keluarga, oleh karena itu sangat jarang dijalanan kita menemui mobil-mobil coupe yang hanya menampung 2 orang. Terlebih lagi mobil sport dengan spek dapur pacu balap, rasa-rasanya kurang cocok untuk melaju di kepadatan lalu-lintas. Nah, berikut ini adalah beberapa tipe mobil yang paling umum kita temui di tanah air, selaras dengan kebutuhan mayoritas masyarakat di Indonesia.

Sedan

Mobil sedan mengutamakan sisi kenyamanan karena bodinya dan ground clearance yang rendah. Konsekuensinya, ketika mengendarai mobil sedan posisi kita mirip seperti orang yang lagi tiduran sehingga sangat nyaman. Konstruksi mobil sedan tidak dibuat untuk menempuh segala medan karena jarak antara chassis dengan aspal sangat rendah (ground clearance). Ditambah shock-nya yang juga cukup empuk, bisa-bisa nyangkut kalau pakai di jalan terjal. Mobil jenis sedan sangat cocok bagi pasangan muda yang hidup di perkotaan mengingat kapasitas penumpangnya yang terbatas. Umumnya mobil sedan nyaman dikendarai oleh 3 orang plus sopir. Mobil sedan tersedia dalam varian yang beragam mulai dari mini sedan hingga full-size sedan, dari kelas biasa hingga luxury yang harganya mencapai milyaran rupiah.

Hatchback

Istilah hatchback digunakan untuk menyebut tipe mobil yang memiliki pintu belakang (buka ke atas tutup ke bawah). Ukuran pintu biasanya full-size atau memenuhi bodi belakang mobil. Desain ini ditujukan untuk memudahkan akses bagasi yang ruangannya terintegrasi dengan kabin mobil (ruang penumpang). Ini berbeda dengan mobil sedan dimana ruang bagasinya terpisah dengan kabin. Mobil hatchback termasuk mobil kelas midsize alias mobil ukuran sedang. Model terbesarnya mampu memuat hingga 5 orang penumpang. Desainnya ramping dan tidak terlalu tinggi serta memiliki panjang biasanya tidak lebih dari 4 meter. Hatchback juga bisa dikenali melalui desain ruangannya. Umumnya hatchback memiliki konstruksi two-box design, dimana ruang keseluruhan mobil dibagi menjadi dua bagian yaitu ruang mesin dan ruang penumpang + cargo. Nah, mengingat mobil jenis station wagon juga memiliki prinsip pembagian ruangan yang sama, mobil station wagon juga sering disebut sebagai versi jumbonya hatchback.

Station Wagon

Selain ukuran dan kapasitas penumpangnya, station wagon mirip dengan hatchback. Berikut adalah beberapa perbedaan mendasar antara mobile tipe station wagon dan hatchback.

  • Station Wagon punya kapasitas kargo lebih besar
  • Station Wagon diorientasikan untuk penumpang dan cargo
  • Station Wagon biasanya memliki baris kursi dua hingga tiga set. Hatchback maksimal hanya memiliki baris kursi dua set.
  • Suspensi pada station wagon biasanya lebih keras untuk jaga-jaga ketika muatan banyak.
  • Lokasi bagasi mobil station wagon dan hatchback kebanyakan sama, yaitu tergabung dengan ruangan penumpang (tanpa sekat) dan bisa diakses langsung dari kursi belakang.
  • Bentuk atap mobil station wagon cenderung memanjang hingga ke belakang. Atap mobil hatchback cenderung ada seperti turunan tajam di bagian belakang. Oleh karena itu mobil hatchback biasanya tidak dilengkapi dengan jendela bukaan pada baris kursi paling belakang. Bahasa teknisnya mobil hatchback memiliki bentuk pilar tipe C sedangkan mobil station wagon memiliki bentuk pilar tipe D.

SUV (Sport Utility Vehicle/Suburban Utility Vehicle)

Gampangnya, jenis mobil SUV adalah mobil yang bisa diajak off-road. Karena kebutuhan yang semakin beragam, kebanyakan mobil SUV juga dibuat agar nyaman manuver di jalan raya. Ukurannya beragam mulai dari yang jenis kecil (mini crossover SUV) hingga full-size SUV yang bisa menampung 7 orang penumpang atau lebih. Desainnya cenderung rugged alias garang dengan ground clearance tinggi serta bobot lebih berat dibanding jenis-jenis mobil lainnya. SUV memiliki empat roda penggerak (4WD) dimana masing-masing roda bisa berputar. Fitur ini jelas diperlukan ketika mobil bermanuver di jalanan berlumpur ataupun di jalanan terjal agar tidak selip. Center gravity-nya yang tinggi serta posisi tempat duduk yang tinggi pula, membuat mobil jenis SUV terasa sangat gagah dikendarai. Pun demikian, semua konstruksi tersebut membawa konsekuensi pada berat total mobil. Semakin berat mobil akan semakin boros, sehingga SUV tidak termasuk mobil ekonomis. Terlebih lagi, jarang mobil SUV yang memakai mesin kecil bahkan untuk jenis small SUV atau mini crossover SUV.

MPV (Multi-Purpose Vehicle)

Banyak sekali tipe mobil MPV, yang dari awal memang memiliki konsep serba-guna (multi-purpose). Jika mendengar kata mobil multi-purpose kita menganggap bahwa mobil tersebut bisa untuk mengangkut orang dan barang dalam jumlah banyak. Nah, anda harus tahu bahwa tidak semua mobil MPV didesain untuk kargo + penumpang. Ada juga MPV yang orientasinya khusus untuk mengangkut penumpang. Di Indonesia ada beberapa jenis mobil MPV yang beredar mulai dari mobil minivan, minibus, hingga mobil pribadi kapasitas besar. Dilihat dari ukurannya mobil MPV setidaknya bisa dibagi menjadi 5 kategori, yaitu:

  1. Mini MPV, dikenal juga sebagai medium hatchback, memiliki panjang kurang lebih 4.5 meter.
  2. Medium MPV, memiliki panjang sekitar 5 meter.
  3. Large MPV, memiliki panjang 5.5 meter.
  4. Extra Large MPV, memiliki panjang hingga 6 meter.
  5. Extra full large MPV, lebih dari 6 meter.

Dilihat dari harga pasarannya, mobil MPV bisa dikategorikan dalam beberapa jenis yaitu:

  1. Low MPV biasa disingkat menjadi LMPV (di Indonesia dikenal sebagai mobil sejuta umat dan masih jadi kandidat kuat sebagai mobil murah 2018 yang banyak diincar).
  2. Medium MPV
  3. Compact MPV (mirip dengan Low MPV tapi desain interiornya lebih mewah).
  4. Luxury MPV

Dilihat dari desain pintunya sangat beragam. Ada yang memakai 4 pintu penumpang plus 1 pintu kargo di belakang. Ada yang memakai pintu geser samping. Ada yang hanya memiliki 3 pintu penumpang plus 1 pintu bagasi (terpisah) dan lain sebagainya. Beberapa jenis MPV didesain dengan kualitas handling layaknya sedan (Luxury MPV). Ini tergolong mobil mewah dengan desain interior dan eksterior eksklusif serta kapasitas penumpang banyak. Luxury MPV ada yang memiliki bentuk bodi rendah sehingga terlihat sangat stylish, meskipun sebenarnya mobil tersebut sangat panjang dan besar.

2. Automatic atau Manual?

Mau pilih mobil murah 2018 matic? Ada juga pilihannya!

Siapa bilang mobil matic itu mahal? Di tahun 2018 pilihan transmisi bukan lagi jadi kendala atas keterbatasan budget. Tapi tetap ingat ya, pilih sesuai dengan kebutuhan dan sensasi driving yang diinginkan. Mobil matic menyuguhkan pengalaman driving yang smooth sehingga cukup nyaman jika dipakai di jalan-jalan ramai. Pun demikian, bagi kebanyakan orang matic kurang greget dan tidak seagresif mobil manual terutama di tanjakan. Biaya perawatan mobil matic lebih mahal karena tidak semua dealer bisa handle beberapa jenis kerusakan. Matic lebih menuntun perawatan rutin, dan tidak boleh telat. Sat hal lagi, bawa mobil matic di jalan turun harus lebih waspada karena tidak bisa engine break. Rem adalah satu-satunya pengaman yang wajib dikontrol terus.

3. Solar atau Bensin?

Jika membahas soal performa mobil, jenis bahan bakar menjadi salah satu penentunya. Apakah mobil diesel atau bensin, menurut para pecinta otomotif sebenarnya tidak ada yang lebih unggul, karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Mobil diesel terkenal dengan hentakan akselerasinya yang instan bahkan mulai dari gigi rendah. Mobil bensin baru bisa mengeluarkan power ketika dipacu di gigi atas. Teknologi diesel yang sudah hadir lebih dulu ketimbang bensin, membuatnya lebih efisien dan lebih kokoh. Pun demikian, perawatan mobil diesel terbilang lebih rumit dan lebih mahal dari pada mobil bensin. Dari sini setidaknya anda sudah punya gambaran orientasi, apakah performa, efisiensi, dan biaya perawatan yang dijadikan prioritas.

4. Melakukan perbandingan seteliti mungkin

Ketika membandingkan mobil jangan hanya lihat harga, tapi lihat juga nilainya. Mobil A lebih murah dibanding mobil B dengan selisih harga Rp. 10 juta misalnya. Jika nilai mobil B lebih bagus dibanding mobil A, bisa dikatakan mobil B lebih murah. Lihat juga nilai tawarnya apakah strategis atau tidak. Kalau tidak strategis, misalnya hanya beda warna cat atau aksesoris kurang penting saja, ya lebih baik ambil harga termurah. Inilah yang dikatakan sebagai strategi mencari mobil murah 2018 tapi tidak murahan. Entah anda sadar atau tidak, sebenarnya hampir semua produk Suzuki menerapkan konsep itu, murah tapi tidak murahan, dinilai dari berbagai nilai strategis (plat bodi lebih tebal, kaya fitur entertainment, suspensi empuk, mesin kokoh, dsb). Dengan begitu biaya perawatan juga tidak terlalu mahal, karena komponennya awet.

5. Terkadang beda dealer juga beda harga loh!

Kalau anda benar-benar ingin mendapatkan mobil baru di harga termurah, anda wajib berjuang sendiri dan jangan mengandalkan makelar. Sekarang berburu mobil sangat mudah karena dealer-dealer besar sudah membeberkan semua informasinya melalui website online. Jangan lewatkan masa promo yang selalu menjadi buruan pembeli tiap tahunnya. Untuk memanjakan calon pelanggan, kami selaku authorized dealer Suzuki yang sudah memiliki ribuan konsumen juga menjalankan prinsip transparansi keterbukaan informasi yang kami publikasikan melalui website ini. Dengan demikian calon pembeli bisa mendapatkan akses informasi selengkap-lengkapnya baik tentang simulasi kredit termurah maupun harga beli cash. Dalam melakukan simulasi kredit anda perlu melakukannya secara cermat dan hati-hati. Selain biaya pokok dan angsuran, pastikan juga biaya-biaya administrasi lainnya. Nah, kami akan berusaha sebaik mungkin dalam menyajikan transparansi informasi tersebut agar tidak ada yang disesalkan setelah deal.

Kenapa Pilih Mobil Suzuki? Berikut Kelebihannya!

Setelah membaca berbagai macam tips tentang cara memilih mobil murah 2018 serta mengetahui berbagai tipe mobil seperti yang telah diulas panjang lebar di atas, saatnya mengembalikan semua itu terhadap produk yang memiliki kredibilitas bagus. Spesifikasi memang penting, tapi nama juga tak kalah penting. Terlebih lagi, membeli mobil baru tidak bisa lepas dari pelayanan purna jual. Sebut saja asuransi, dealer resmi untuk perawatan, ketersediaan suku cadang dan lain sebagainya. Suzuki memiliki jaringan yang sangat besar di Indonesia, sehingga untuk urusan pelayanan purna jual, anda tidak perlu khawatir lagi. Berikut adalah beberapa alasan kenapa anda harus pilih merek Suzuki.

Tersedia banyak tipe

Selain banyaknya tipe, Suzuki juga menghadirkan berbagai jenis mobil yang sangat inovatif, baik dari segi desain, warna, aksesoris, hingga kombinasi hal-hal teknis seperti perpaduan suspensi dan teknologi mesin. Sebut saja model paling baru, seperti Suzuki Ignis, All New Swift, New Ertiga Diesel Hybrid dan SX4 S-Cross. Semuanya mampu mendominasi pasar berdasarkan kelasnya masing-masing.

Model yang selalu up-to-date

Dari tahun ke tahun Suzuki selalu menghadirkan model mobil baru yang terlihat segar. Bukan hanya melakukan tweaks atas seri pendahulunya, kebanyakan model-model terbaru tersebut diikuti dengan upgrade di titik penting, seperti teknologi cakram, peningkatan efisiensi mesin, software perangkat digital dan lain sebagainya.

Pilihan mobil hatchback Suzuki

Di kelas ini ada banyak pilihan jika anda memiliki orientasi mobil murah 2018, contohnya adalah Suzuki All New Swift, Karimun Wagon R, dan Baleno Hatchback. Semua generasi terbaru tersebut mengisi pasar 2018 dengan segudang fitur menawan. Suzuki Baleno telah mengukir nama di jagat otomotif Indonesia sejak puluhan tahun lalu, dan generasi terbarunya lebih kompeten dengan perubahan hampir di semua aspek. Fitur-fitur canggih Baleno Hatchback termasuk tilt & telescopic steering wheel (roda kemudi yang bisa diatur posisinya dan ketinggiannya). Baleno Hatchback juga mengusung panel display yang lebih sporty dengan kekayaan informasinya. Karimun Wagon R dilihat dari desainnya mirip dengan mobil hatchback. Karena bentuknya lebih kecil dari mobil hatchback pada umumnya, mobil ini juga digolongkan sebagai mobil kota ekonomis (low cost green car).

Suzuki punya jenis SUV yang sangat handal

Akhir-akhir ini pasar SUV Indonesia kembali dihebohkan dengan hadirnya Suzuki SX4 S-Cross terbaru 2018. SX4 S-Cross masuk dalam kategori medium SUV yang selama ini sudah terbukti memikat hati para konsumen. Bersamaan dengan model 2018, SX4 S-Cross membawa fitur premium disertai dengan penyegaran desain sehingga tampak lebih stylish nan gagah. Di segmen full SUV ada nama yang selalu disebut-sebut, yaitu Grand Vitara. Tentu saja ini bukan jenis mobil murah (meskipun second) dan tidak se-update kompetitor seperti All-New Nissan X Trail maupun Honda CRV/HRV. Meskipun demikian, di segmen ini Grand Vitara tetap dicari karena konfigurasi RWD (penggerak roda belakang). Alhasil Grand Vitara (2015) masih tetap eksis di pasaran. Pembeli yang mengincar mobil segmen mini crossover SUV juga ada pilihannya yaitu Suzuki Ignis. Mobil 3 silinder, transmisi 5-speed ini dapat menampung 5 penumpang dan sangat lincah di jalanan kota. Meskipun demikian, mobil ini tetap mengusung ground clearance tinggi, sehingga cocok juga dibuat keluar kota ditambah kapasitas mesinnya yang cukup besar, 1.2 liter 1250cc.

Pengisi pasar MPV paling terkenal dengan banyak varian harga

Di segmen MPV setidaknya kita mengenal 2 nama kondang, yaitu Suzuki APV dan Suzuki Ertiga yang popularitasnya masih unggul dibanding kompetitor dari Toyota, Honda maupun Daihatsu. Suzuki Ertiga dapat diadu baik dari sisi harga maupun kualitas, karena terbukti jarang rewel, bandel, dan lebih solid dengan selisih harga yang tidak terlalu jauh dengan kompetitor. Di tahun 2018 pasar Suzuki bahkan semakin ramai berkat kehadiran New Ertiga Diesel Hybrid pada segmen small MPV atau Medium Hatchback. Di segmen ini New Ertiga Diesel Hybrid akan pegang kunci, dimana masih sangat jarang kompetitor. Semua mobil Suzuki kelas MPV dibandrol dengan harga yang sangat luwes sesuai dengan fitur yang dibutuhkan oleh konsumen baik yang manual maupun matic. New Ertiga GA dan APV GL hanya dibandrol sekitar harga Rp. 180 jutaan. Jika anda butuh kenyamanan ekstra serta lebih banyak fitur, anda tinggal memilih tipe lebih tinggi dari model-model tersebut, misalnya New Ertiga GL (manual/matic) atau New Ertiga GX (manual/matic), APV GX (manual), APV SGX (manual/matic), APV Luxury R15 (manual/matic) atau APV Luxury R17 (manual/matic). Meskipun kualitasnya sudah di atas rata-rata dibanding kompetitor, lini MPV Suzuki paling berkelas hanya dibandrol di harga kurang dari Rp. 250 juta.

Ada juga LCGC (Low Cost Green Car)

Di segmen LCGC, Suzuki punya model terbaik di pasaran, yaitu Karimun Wagon R. Dilihat dari desainnya Karimun Wagon R memang cenderung low-profile alias kotak sederhana begitu saja. Tapi coba anda bandingkan dengan LCGC lain yang ada di pasaran seperti milik Daihatsu, Toyota, Datsun, dan Honda – yang notabene lebih stylish. Anda pasti akan menyaksikan bahwa Suzuki lebih unggul dari semua sisi. Terbukti pecinta Karimun Wagon R yang selalu tumbuh setiap tahunnya.

Harga lebih murah dibanding kompetitor

 

Suzuki selalu dimitoskan lebih mahal, benarkah demikian?

Bisa dikatakan murah, karena mobil Suzuki memiliki beberapa varian model, sehingga jika anda sedang mencari mobil murah 2018, ada banyak alternatif untuk dipilih. Sebagai contoh adalah Suzuki APV yang tergolong dalam kelas medium MPV. Suzuki APV dibandrol dengan harga yang sangat variatif mulai dari APV GL yang dibandrol sekitar Rp. 180 jutaan hingga APV Luxury R17 AT yang jatuh di harga Rp. 230 jutaan. Setiap varian memiliki kualitasnya masing-masing sesuai dengan harga yang ditawarkan. Bagi anda yang memiliki budget terbatas, masih banyak model untuk dipilih. Belum lagi bicara soal teknologi, kualitas bodi, suspensi, konfigurasi chassis, ketebalan bodi, kekayaan dashboard, dan kenyamanan interior. Nah jika anda mendapati harga Suzuki sedikit lebih mahal dari pada kompetitor. Sebut saja di kelas small MPV, anda bisa membandingkan produk dari Toyota (Avanza Veloz) dengan Suzuki Ertiga. Perbedaan harganya sangat tipis tapi Suzuki jauh lebih unggul dari semua sisi baik kualitas maupun kuantitas. Jadi sebenarnya mana yang lebih murah? Nah, sekarang terjawab sudah semua keragu-raguan tentang mobil Suzuki. Jika anda memiliki pertanyaan seputar model terbaru mobil Suzuki, atau ingin menyesuaikan budget untuk mobil murah 2018 merek Suzuki, kami siap membantu. Silahkan hubungi layanan CS yang kami cantumkan di website.

Mobil Terbaru

Best Seller
Best Seller

Related Article 5 Tips Memilih Mobil Murah di Indonesia Terbaru 2018 – mobilmurah.web.id

Friday 12 January 2018 | Blog

Honda Civic Pengisi lini atas segmen hatchback, sedan, dan coupe yang sudah teruji dari masa ke masa. Terlebih dengan tambahan lini Honda Civic Type R…